kata "Finger + Painting" = “melukis dengan jari atawa tangan…”, berarti seperti yang sang maestro seni lukis Affandi (Alm) lakukan dong…, daripada bingung googling aja, dan ketemu!
Jadi, kira-kira finger painting itu pada dasarnya adalah sebuah metode melukis yang khususnya diperuntukkan bagi anak-anak, dimana kebebasan mengekspresikan apa yang ada dalam pikiran dan perasaanya menjadi poin utama. Peran tangan beserta jari-jarinya, bahkan bila perlu anggota tubuh lainnya, misalnya kaki sangat mendukung keterlibatan emosi pada saat si anak berhadapan dengan kertas/media lukisnya tersebut. Sehingga
pada saat proses melukis berlangsung hilanglah jarak antara si anak dengan media gambarnya, yang biasanya di batasi oleh alat-alat lukis/gambar seperti kuas, pensil, pastel, spidol, dll.
Yah karna saya sendiri mendapat tugas membuat finger painting dari dosen idola ehhh dosen seni rupa ehhh entahlah hahaa
jadi saya juga sak pol kemampuan bikin finger painting...!!!!
Ketika saya mulai mempraktekkan dan mulai berimajinasi. :D
Mungkin menggambar dengan teknik finger painting jika untuk anak - anak lebih baik memakai pewarna alami.
Tekniknnya cukup mudah kok.
teknik mengajar finger painting adalah sebagai berikut:
1. Ambil dua sendok makan tepung terigu, kemudian tambahkan sedikit air. Aduklah sampai anda mendapatkan adonan yang lembut seperti pasta
2. Tambahkan beberapa tetes pewarna kue. Taruh adonan ini diatas kertas yang sudah tergerai di atas meja.
3. Lindungi pakaian sikecil dengan T-Shirt beka atau celemek sebelum melatih sikecil melukis dengan jari-jarinya.
4. Selanjutnya sikecil memainkan jari-jarinya di kertas yang berisi adonan itu.
Semoga bermanfaat..!!! ☺☺

Tidak ada komentar:
Posting Komentar